Kota Bima NTB || Diklat Analisa Laporan Keuangan bagi Pengurus/Pengawas Koperasi Tingkat Kota Bima tahun 2024 resmi dibuka oleh Sekretaris Daerah Kota Bima, Drs. H. Mukhtar Landa, MH. Acara pembukaan tersebut juga didampingi oleh Asisten 1 Kepala Koperindag, kepala Bappeda, dan staf ahli pemerintahan. Bima, 19 Juni 2024 

Dalam sambutannya, Drs. H. Mukhtar Landa, MH menekankan pentingnya kegiatan ini sebagai bentuk tanggung jawab dan amanah dalam mengelola koperasi.

“Koperasi adalah milik anggota dan untuk anggota. Oleh karena itu, transparansi dan kesehatan keuangan koperasi harus dijaga dengan baik. Salah satu cara untuk mencapainya adalah melalui pelatihan seperti ini,” ujarnya.

Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pengurus dan pengawas koperasi dalam menganalisa laporan keuangan. Hal ini diharapkan dapat membantu koperasi di Kota Bima untuk menyusun laporan keuangan yang akurat dan transparan setiap awal tahun.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperindag Kota Bima Ir. H. Tafsir menambahkan bahwa pelatihan ini sangat penting untuk memastikan bahwa pengurus dan pengawas koperasi memiliki pemahaman yang mendalam tentang laporan keuangan.

“Dengan demikian, mereka dapat membuat keputusan yang lebih baik untuk kesejahteraan anggota koperasi,” katanya.

Kegiatan ini juga mendapat dukungan penuh dari Bappeda dan staf ahli pemerintahan, yang menegaskan bahwa pelatihan semacam ini sejalan dengan upaya pemerintah dalam memperkuat peran koperasi sebagai pilar ekonomi daerah.

Diklat ini akan berlangsung selama tiga hari, dengan berbagai materi yang meliputi teknik analisa laporan keuangan, audit internal, serta best practice dalam pengelolaan keuangan koperasi. Peserta diharapkan dapat mengimplementasikan ilmu yang didapat untuk meningkatkan kinerja koperasi di wilayah mereka.

Dengan dimulainya Diklat Analisa Laporan Keuangan ini, diharapkan koperasi-koperasi di Kota Bima dapat semakin sehat dan mampu memberikan manfaat yang lebih besar bagi anggotanya.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours