Kolaborasi Pemdes Belo-BPS Kabupaten Bima Jadikan Desa Belo Sebagai Desa Cantik

Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Bima NTB menyambangi Kantor Desa Belo Kecamatan Palibelo pada hari ini Rabu (17/4/2024) dalam pengembangan Desa Belo menjadi Desa Cinta Statistik (Cantik). Pihak BPS Kabupaten Bima telah mengkoordinasikan dengan DPMDes Kabupaten Bima terkait dengan kesiapan desa untuk menjadi Desa Cantik yang merupakan bagian dari Program dan Pembinaan yang akan dilakukan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Bima.

Terkait dengan itu berdasarkan hasil pantauan DPMDes Kabupaten Bima melalui Kabid Pemdes, Desa Belo Kecamatan Palibelo adalah salah satu Desa yang mempunyai kesiapan baik dari sumber daya manusia, penganggaran termasuk inovasinya untuk peningkatan layanan bagi masyarakat desa.

Akhmad Fansuri Kades Belo-Palibelo mengharapkan agar target desa membangun sistim data yang baik untuk perencanaan dan penganggaran di desa dapat diwujudkan melalui Desa Cantik (Cinta Statistik) bisa diwujudkan ditahun 2024 ini.

“Mudahan tahun 2024 ini target Desa Cantik dapat kita wujudkan agar semua kebijakan perencanaan dan penganggaran di Desa berbasis data dan statistik” ungkap Akhmad Fansuri.

“Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Bima adalah bagian kemitraan yang bisa memberikan kontribusi dalam pengembangan Desa Belo menjadi Desa Cantik untuk itu kami sangat bangga dan terima kasih apabila program Desa Cantik ini bisa dilaksanakan di Desa Belo Kecamatan Palibelo” lanjut beliau.

Desa Belo-Palibelo memang telah menoreh prestasi dalam membangun sistim pelayanan melalui PLANiT-D yaitu sistim layanan terpadu bagi masyarakat di desa. Sistim layanan yang mudah dan cepat tentunya didukung oleh kesiapan sumber daya manusia yang memadai disamping itu adanya elaborasi layanan baik terkait layanan administrasi umum, layanan Adminduk, data Kependudukan, Data Kemiskinan (SIKS-NG), SDGs, SIP dan lainnya yang bisa diakses dalam satu ruangan.

You May Also Like

More From Author