Kabupaten Bima NTB – Pemerintah Desa Tonggondoa , Kecamatan Palibelo, Kabupaten Bima meraih juara kedua kategori Desa berprestasi pada Lomba Desa Tahun 2024.

Perlombaan Desa adalah program tahunan yang diamanatkan oleh Pemerintah akabupaten Bima dalam rangka memberikan evaluasi dan penilaian perkembangan pembangunan Pemerintah Desa.

“Syukur dan alhamdulillah, pada perlombaan Desa tahun 2024 ini Desa Tonggondoa meraih peringkat kedua pada lomba desa tingkat Kabupaten Bima,” ucap Kedes Tonggondoa, kepada media Kabardesantb.com, Jumat (07/06/2024).

Menurutnya, prestasi yang diraih oleh Pemerintah Desa tonggondoa, adalah atas dukungan semua pihak, baik Perangkat Desa, Masyarakat Desa serta Pemerintah Kecamatan palibelo.

“Tahap demi tahap pada perjalanan lomba desa ini, syukur alhamdulillah Desa tonggondoa meraih juara kedua kategori desa berprestasi pada lomba desa di Tingkat Kabupaten Bima. Prestasi yang diraih ini tidak lepas dari dukungan semua pihak, baik dari Perangkat Desa, Masyarakat serta Pemerintah Kecamatan Palibelo,” ujarnya.

“Pada Lomba Desa, di tahun 2024 Desa tonggondoa memang masuk dalam lomba Desa. Kedepannya akan menjadi fokus kita di Kecamatan kepada Desa Tonggondoa mengingat ditetapkannya Desa tonggondoa masuk Juara dua pada lomba Desa. Mudah-mudahan tingkat prestasi nya lebih baik lagi di tahun – tahun yang akan datang,” ujar Camat Palibelo Muhslim saat ditemui Kabardesantb.com di ruangannya.

Camat palibelo Muslim S.Sos menambahkan, Pemerintah Kecamatan palibelo secara rutinitas melakukan pembinaan-pembinaan administrasi dan evaluasi kinerja terhadap desa-desa yang mana dilakukan secara kontinyu dan berkelanjutan. Melalui kegiatan rutinitas itulah yang harus di jaga melainkan bukan hanya dalam persiapan lomba desa saja, akan tetapi rutinitas-rutinas penyelenggaraan desa yang tiap harinya harus terus dijaga.

“Kita sebagai fasilitator selalu memberikan pembinaan-pembinaan kepada Desa agar penyelenggaraan Desa menjadi lebih baik lagi maupun masyarakatnya. Bukan hanya pada lomba desa melainkan kegiatan rutinitas penyelenggaraan Desa setiap hari nya harus tetap dijaga,” terangnya.

Lanjutnya Camat palibelo Muslim mengatakan, kelanjutan dari pada lomba desa itu sendiri, bagai mana Desa dapat membangkitkan pemberdayaan masyarakat melalui peningkatan ekonomi, baik pelaku usaha ekonomi ataupun pembentukan usaha bersama dalam rangka mengsejahterakan masyarakat melalaui pemberdayaan-pemberdayaan ekonomi.

“Dengan meraih juara kedua ini, semoga dapat memotivasi desa lain serta terus mempertahankan dan meningkatkan prestasi- prestasi nya untuk kedepan,” ungkapnya.

Kasi Pemerintahan Desa pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Pemerintah desa (DPMPD) Kabupaten Bima Rizal saat dikonfirmasi membenarkan adanya suara penetapan juara pada lomba Desa. Ketiga Desa di Kabupaten Bima, diantaranya Desa Bajo , Kecamatan soromandi, Desa tonggondoa , Kecamatan Palibelo, dan Desa kombo, Kecamatan wawo..

“Lomba Desa adalah evaluasi perkembangan Desa setiap tahun program pusat yang dilaksanakan,” ucapnya.
Namun, menurutnya, pada lomba Desa Untuk pusat regional ditiadakan.

“Adapun untuk tingkat provinsi, Desa Bajo juara 1 lomba desa, mewakili kabupaten Bima di tingkat provinsi” ujarnya saat dikonfirmasi media Kabardesantb.com. (Dhani KD)

 

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours