Perbedaan konsep data antar instansi pemerintah menyebabkan beragam data tidak dapat diintegrasikan dan dimanfaatkan secara optimal bagi intervensi program pemerintah baik di tingkat pusat maupun daerah.

Oleh karena itu perlu ada standardisasi data sebagai acuan. Melalui Satu Data Indonesia, diharapkan data-data yang diproduksi oleh perangkat daerah di seluruh Indonesia dapat sesuai dengan standar yang dibakukan sehingga dapat diintegrasikan ke satu portal yaitu Satu Data Indonesia melalui portal Satu Data daerah masing-masing.

Ungkap Plt.Kadis Komunikasi, Informatika dan Statistik Kabupaten Bima Saifullah S.Sos ME Kamis (16/5) saat membuka kegiatan Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Sistem Informasi Bima Satu Data (SIBISA) Organisasi Perangkat Daerah lingkup Pemerintah Kabupaten Bima di Aula SMKN 1 Kota Bima.

Plt. Kadis Kominfostik Saifullah memaparkan, Sistem Informasi Bima Satu Data (SIBISA) Daerah Kabupaten Bima merupakan media penampung dan penyebarluasan data statistik sektoral yang dihasilkan oleh perangkat daerah.

Melalui portal SIBISA, kedepannya akan diintegrasikan dengan portal Satu Data Indonesia. Sehingga penting bagi operator data dari tiap perangkat daerah untuk mengupload data sesuai standar satu data Indonesia.

“Sosialisasi dan Bimtek diharapkan peserta dapat memahami dengan baik mengenai metadata dan standar data statistik, serta bagaimana cara mengupload data ke portal SIBISA secara mandiri”. Terangnya dihadapan para operator aplikasi dari seluruh OPD yang menghadiri Sosialisasi.

Sebelumnya, Kabid Statistik dan Sandi Diskominfostik Arief Rahman, SH., MH dalam laporannya mengatakan sejak launching SIBISA pada bulan Desember 2021, telah terhimpun data-data statistik sektoral kabupaten Bima.

Pada awal tahun 2022 terhimpun 103 dataset, tahun 2023 terhimpun 699 dataset, dan pada tahun 2024 ini telah terhimpun 1.002 data set. sehingga total 1.084 dataset yang akan terpublish pada portal SIBISA.

Proses pengumpulan data statistik sektoral tidak lepas dari kerjasama antara Kominfo selaku walidata dengan seluruh perangkat daerah selaku produsen data. Diharapkan kedepannya semakin banyak data yang terhimpun di portal SIBISA dan portal ini menjadi wadah bagi pakai data statistik sektoral kabupaten Bima secara lebih maksimal.

Pada sosialisasi yang berlangsung satu hari tersebut peserta dibekali pengetahuan tentang Standar Data Statistik dan Metadata Statistik oleh Saniagus Munendra, S.Si Narasumber BPS dan Bimbingan Teknis penginputan data ke portal SIBISA oleh Narasumber Diskominfostik Alayda Farah Dian S.Stat.(red)

Suryadin, S.S., M.Si

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours