Desa Belo Wakili Kabupaten Bima dalam Ajang Lomba Desa Cantik Melibatkan 502 Desa se-Indonesia

0 0
Read Time:1 Minute, 15 Second

Kabupaten Bima NTB  – Badan Pusat Statistik (BPS) kabupaten Bima melakukan kunjungan kerja dalam rangka pembinaan pada  Desa Cinta Statistik Cantik ( Cinta Statistik ) di Desa Belo Kecamatan Palibelo Kabupaten Bima  untuk acara Lomba Desa Cinta Statistik ( Cantik ) mewakili kabupaten Bima NTB.

Sejak ditunjuk menjadi Desa Cinta Statistik  oleh BPS Kabupaten Bima , Desa Belo terus berbenah dalam meningkatkan layanan kepada masyrakat. Terlebih saat ini Desa Belo menjadi wakil  Kabupaten Bima Nusa Tenggara Barat yang bersaing dalam tingkat nasional dalam kategori Desa Cantik Nasional.

Akhmad, Kepala Desa Belo menyampaikan sebelum Di Tunjuk menjadi desa cantik, Desa belo merupakan salah satu desa dengan data-data yang yang belum ada pada desa desa lain.

Namun sejak ditunjuk  menjadi desa cantik, Desa belo terus melakukan perbaikan data-data statistik diwebsite, mulai dari data jumlah penduduk, jumlah dusun, kegiatan surat menyurat dan lain – lain.

Lanjut Kades Belo Akhmad ‘’ Pemerintah  desa/kelurahan adalah penyelenggara kegiatan statistik di wilayahnya masing-masing. Hal tersebut tertuang dalam Undang-Undang (UU) Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa dan Peraturan Presiden Nomor 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia (SDI)’’

‘’Dengan peran itu, desa/kelurahan  sebagai satuan wilayah terkecil menjadi sangat penting. Karena desa tidak lagi menjadi objek pembangunan, melainkan sebagai subjek dan ujung tombak pembangunan’’

‘’Sehingga diperlukan penguatan tata kelola pemerintahan desa, termasuk dalam hal pengelolaan data statistik untuk program pembangunan wilayah. Guna mengurangi kesenjangan dan menjamin pemerataan.’’

‘’Menyadari pentingnya peran desa dalam pengelolaan dan pengembangan literasi statistik, Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Bima melaksanakan Program Pembinaan Desa Cinta Statistik (Cantik) (Tim )

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *